| No. |
Judul Penelitian |
Nama Ketua Tim |
Kepakaran Ketua Tim* |
Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian |
Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan |
| (1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
| TS (2023) |
| 1 |
Pembelajaran Konektif- Kolaboratif Berorientasi Berpikir Kompleks untuk Menstimulasi Aksi Kritis Mahasiswa terhadap Isu Lingkungan |
Een Yayah Haenilah |
Pendidikan |
Dina Maulina |
Supriyadi, Diva Inka Septiantary |
| 2 |
IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TREND SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA |
Nadya Meriza |
Pendidikan Biologi |
Dina Maulina, Gamilla Nuri |
Nadya Firstilia, Herlina |
| 3 |
EFEKTIVITAS LITERASI BIOLOGI MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TARI BEDANA |
Rini Rita T Marpaung |
Pendidikan Biologi |
Berti Yolida, Median Agus Priadi |
Nafista Resti, Nabila Herlinawati |
| 4 |
Pengaruh Model Project Based Learning berbasis Etno-Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Peserta didik pada materi Bioteknologi |
Berti Yolida |
Pendidikan Biologi |
Rini Rita T Marpaung, Median Agus P |
Inayatul Ainiyah Cahyani, Salma Khairunnisa |
| 5 |
INOVASI ATLAS ELEKTRONIK BERMUATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TNBBS DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI |
Wisnu Juli Wiono |
Pendidikan Biologi |
Median Agus Priadi, Nadya Meriza |
Nyoman Trijaya, Dewi Sinta R, Shasa Dva |
| 6 |
DEVELOPMENT OF STEM-INQUIRY TEACHING MODULES ON THE CIRCULATORY SYSTEM TO ENHANCE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA-MALAYSIA |
Rini Rita T Marpaung |
Pendidikan Biologi |
Dina maulina, Nadya Meriza, Nor Hasniza |
Ellyas Nico Yoel Saputra, Zahra Dzaki Azbira |
| 7 |
COMPARISON OF IMPLEMENTATION OF SCIENCE TEACHING USING STEM APPROACH BETWEEN INDONESIA AND MALAYSIA |
Dewi Lengkana |
Pendidikan Biologi |
Rini Rita T Marpaung, Nor Hasniza |
Wulan Cahya Ningrum, Balqis, Jenny Adeti |
| 8 |
Analisis Kemampuan Argumentasi Lisan Siswa Jenjang SMP/SMA sebagai Indikator Learning loss di provinsi Lampung |
Dina Maulina |
Pendidikan Biologi |
Neni Hasnunidah, Nadya Meriza |
Dea Miliony, Senja Galuh |
| 9 |
Pengembangan Model Pembelajaran BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA |
Een Yayah Haenilah |
Pendidikan |
Dina Maulina |
Tiyas Abror Huda, Wulan Cahya Ningrum |
| 10 |
PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWTOON YANG BERORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REPRESENTASI DAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMP |
Dewi Lengkana |
Pendidikan Biologi |
Tri Jalmo, M. Setyarini |
Melin Gustina, Rahma Dwi Fadila |
| 11 |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN KETERAMPLAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK |
Pramudiyanti |
Pendidikan Biologi |
Neni Hasnunidah |
Erika Suci Amalia, Wulan Cahya Ningrum |
| 12 |
IMPLEMENTASI PROJECT-ARGUMENTATIVE LEARNING MENGGUNAKAN INTERACTIVE E-WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA |
Neni Hasnunidah |
Pendidikan Biologi |
Undang Rosidin |
Linawati, Renny Dwi Puspita |
| Jumlah judul penelitian di TS: 12 Judul Penelitian |
| TS Sejumlah 12 penelitian bersama mahasiswa |
| TS-1 (2022) |
| 1 |
EFEKTIFITAS LKPD ELEKTRONIK LIVEWORKSHEET BERORIENTASI SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP CRITICAL THINKING SISWA DILIHAT DARI PERBEDAAN GENDERNYA |
Wisnu Juli Wiono |
Pendidikan Biologi |
Nadya Meriza |
Otis Aprilia, Ummul Shafira |
| 2 |
MODEL PEMBELAJARAN KRITIS KOLABORATIF UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 MAHASISWA DALAM KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK |
Agus Suyatna |
Pendidikan Fisika |
Een Yayah Haenilah, Dina Maulina |
Irwandani, Salsabilla Azzahra |
| 3 |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP SIKAP PEDULI SISWA PADA KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS (TNWK) 2022 |
Arwin Surbakti |
Pendidikan Biologi |
Pramudiyanti, Nadya Meriza |
Otis Aprilia, Ummul Shafira |
| 4 |
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF-BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI LAMPUNG |
Neni Hasnunidah |
Pendidikan Biologi |
Dina Maulina, Ismi Rakhmawati, |
Devi Andriani, Tri Utami |
| 5 |
STUDI ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH PADA JENJANG SMA SE-PROVINSI LAMPUNG DI SEKOLAH DENGAN AKREDITASI BERBEDA |
Dina Maulina |
Pendidikan Biologi |
Neni Hasnunidah, Ismi Rakhmawati |
Dea Miliony, Senja Galuh |
| 6 |
STUDI ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MERUJUK PADA CAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI PROVINSI LAMPUNG DALAM UPAYA REVITALISASI PENDIDIKAN SECARA NASIONAL |
Een Yayah Haenilah |
Pendidikan |
Dina Maulina, Muhammad Kristiawan |
Sulfakar, Herdian |
| 7 |
PENGARUH IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS MR-STEM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR SYSTEM DAN METAKOGNISI SISWA SMP |
Dewi Lengkana |
Pendidikan Biologi |
Tri Jalmo, Median Agus |
Atika Putri, Maricha Marulina Nainggolan |
| 8 |
ANALISIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI 4CS GURU SD UNTUK SISWA KELAS RENDAH PASCA PANDEMI COVID-19 |
Dwi Yulianti |
Pendidikan |
Rochmiyati, Pramudiyanti |
Zahrina, Arifin Dwi, Winda Annisha |
| 9 |
EFEKTIVITAS PEER SCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN PENILAIAN KINERJA PADA MAHASISWA PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN IPA |
Tri Jalmo |
Pendidikan Biologi |
Dewi Lengkana, Median Agus P |
Muhamad Rayanda, Yardan Permata Nurhadian |
| 10 |
PENGGUNAAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA |
Gammila Nuri Utami |
Pendidikan Kimia |
Berti Yolida |
Annisa Sholeha, Wulan Cahya Ningrum |
| 11 |
KAJIAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN E-BOOKLET PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN |
Rini Rita T Marpaung |
Pendidikan Biologi |
Berti Yolida, Darlen Sikumbang |
Febri Predita, Fajriani Nur Martin |
| 12 |
PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNOSAINS LAMPUNG DAN SUMATERA SELATAN SEBAGAI LEARNING-LOSS RECOVERY PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA |
Sunyono |
Pendidikan Kimia |
Viyanti, Dina Maulina |
Ema Juwita, Otis Aprilia |
| 13 |
PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI VISUAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH |
M. Setyarini |
Pendidikan IPA |
Dewi Lengkana |
Dini Adriani, Nofyana Safitri |
| 14 |
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF-BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI LAMPUNG |
Neni Hasnunidah |
Pendidikan Biologi |
Dina Maulina, Ismi Rakhmawati |
Devi Andriani, Tri Utami |
| 15 |
ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG |
Nina Kadaritna |
Pendidikan Kimia |
Median Agus Priadi, Hervin Maulina |
Ayu Iin, Winda Dwi |
| 16 |
STUDI ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA DI ERA DISRUPTIVE TECHNOLOGY |
Dina Maulina |
Pendidikan Biologi |
Ismu Sukatmo, Bayu Saputra |
Afiatun asri, Putri Rahayu |
| Jumlah judul penelitian di TS-1: 16 judul penelitian |
| TS Sejumlah 16 penelitian bersama mahasiswa |
| TS-2 (2021) |
| 1 |
EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN ANDROID MOBILE- LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI DAN TINGKAT KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK |
Wisnu Juli Wiono |
Pendidikan Biologi |
Darlen Sikumbang, Ismi Rakhmawati |
Fitra Arif Mustofa, Yuni Sadikin |
| 2 |
KAJIAN PENGUATAN INTRINSIK DAN INTERAKSINYA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA JENJANG SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG ERA PANDEMI COVID-19 |
Dina Maulina |
Pendidikan Biologi |
Widyastuti, Hervin Maulina |
Fitri Nur Fathonah, Sasti Ayu Fathonah |
| 3 |
PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PEER- SCAFFOLDING UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN PENILAIAN KINERJA MAHASISWA CALON GURU IPA |
Tri Jalmo |
Pendidikan IPA |
Noor Fadiawati, Neni Hasnunidah |
Salsa Noraliza, Annisa Prima Sifa |
| 4 |
Pengembangan Model pembelajaran e- Multiple representation-STEM pada bidang etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir system dan kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru IPA-Biologi |
Dewi Lengkana |
Pendidikan IPA |
Tri Jalmo |
Nafista Resti Amalia, Fitri Handayani |
| 5 |
Studi analisis dampak pembelajaran asynchronous dan synchronous terhadap kemampuan representasi, metakognisi dan miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi |
Dewi Lengkana |
Pendidikan IPA |
Tri Jalmo |
Fitri Handayani, Anisa Hikmawati |
| 6 |
PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERORIENTASI KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA |
Neni Hasnunidah |
Pendidikan Biologi |
Wisnu Julia Wiono, Ismi Rakhmawati |
Devi Andriani, Tri Utami |
| 7 |
PROFIL SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA MENGIMPLEMENTASIKAN PRAKTIKUM DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Pramudiyanti |
Pendidikan Biologi |
Median Agus Priadi |
Anisa Hikmawati, Firaz Zulfa Farhana |
| 8 |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN 6C (CRITICAL, CREATIVITY, COMPUTATIONAL, COLLABORATION, COMMUNICATION, AND COMPASSION) PADA PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT UNTUK MEMENUHI STANDAR IKU 7 PERGURUAN TINGGI |
Undang Rosidin |
Pendidikan Fisika |
Galuh Catur, Ismi Rakhmawati, Dimas Permadi |
Ratna Komalasari, Endri Dwiyanti |
| 9 |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI COMPUTATIONAL DAN COMPASSION PADA PEMBELAJARAN CASE METHOD |
Ismi Rakhmawati |
Pendidikan Biologi |
Undang Rosidin, Dimas Permadi |
Indira Ratna, Septiana |
| 10 |
DIGITAL IDENTIFICATION HERPETOFAUNA LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN HABITS OF MIND CALON GURU IPA |
Margaretha Karolina Sagala |
Pendidikan Teknologi Informasi |
Ismi Rakhmawati. Nina Kadaritna |
Catharina Anandasari, Endri Dwiyanti |
| 11 |
ANALISIS HUBUNGAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI BANDAR LAMPUNG DI NEW NORMAL |
Rini Rita T Marpaung |
Pendidikan Biologi |
Berti Yolida, Nadya Meriza |
Chipta Wahyu Marwana, Catharina Anandasari |
| Jumlah judul penelitian di TS-2: 11 Judul Penelitian |
| Jumlah total penelitian di PS dalam tiga tahun terakhir: 39 Judul Penelitian |
| Jumlah rata-rata judul penelitian per tahun/dosen: 13 Judul Penelitian Per Tahun/3 Judul Penelitian per dosen dalam satu tahun |