PENELITAIN

  No.   Judul Penelitian   Nama Ketua Tim   Kepakaran Ketua Tim* Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
TS (2023)
1 Pembelajaran Konektif- Kolaboratif Berorientasi Berpikir Kompleks untuk Menstimulasi Aksi Kritis Mahasiswa terhadap Isu Lingkungan Een Yayah Haenilah Pendidikan Dina Maulina Supriyadi, Diva Inka Septiantary
2 IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TREND SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA Nadya Meriza Pendidikan Biologi Dina Maulina, Gamilla Nuri Nadya Firstilia, Herlina
3 EFEKTIVITAS LITERASI BIOLOGI MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TARI BEDANA Rini Rita T Marpaung Pendidikan Biologi Berti Yolida, Median Agus Priadi Nafista Resti, Nabila Herlinawati
4 Pengaruh Model Project Based Learning berbasis Etno-Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Peserta didik pada materi Bioteknologi Berti Yolida Pendidikan Biologi Rini Rita T Marpaung, Median Agus P Inayatul Ainiyah Cahyani, Salma Khairunnisa
5 INOVASI ATLAS ELEKTRONIK BERMUATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TNBBS DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Wisnu Juli Wiono Pendidikan Biologi Median Agus Priadi, Nadya Meriza Nyoman Trijaya, Dewi Sinta R, Shasa Dva
6 DEVELOPMENT OF STEM-INQUIRY TEACHING MODULES ON THE CIRCULATORY SYSTEM TO ENHANCE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA-MALAYSIA Rini Rita T Marpaung Pendidikan Biologi Dina maulina, Nadya Meriza, Nor Hasniza Ellyas Nico Yoel Saputra, Zahra Dzaki Azbira
7 COMPARISON OF IMPLEMENTATION OF SCIENCE TEACHING USING STEM APPROACH BETWEEN INDONESIA AND MALAYSIA Dewi Lengkana Pendidikan Biologi Rini Rita T Marpaung, Nor Hasniza Wulan Cahya Ningrum, Balqis, Jenny Adeti
8 Analisis Kemampuan Argumentasi Lisan Siswa Jenjang SMP/SMA sebagai Indikator Learning loss di provinsi Lampung Dina Maulina Pendidikan Biologi Neni Hasnunidah, Nadya Meriza Dea Miliony, Senja Galuh
9 Pengembangan Model Pembelajaran BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA Een Yayah Haenilah Pendidikan Dina Maulina Tiyas Abror Huda, Wulan Cahya Ningrum
10 PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWTOON YANG BERORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REPRESENTASI DAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMP Dewi Lengkana Pendidikan Biologi Tri Jalmo, M. Setyarini Melin Gustina, Rahma Dwi Fadila
11 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN KETERAMPLAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Pramudiyanti Pendidikan Biologi Neni Hasnunidah Erika Suci Amalia, Wulan Cahya Ningrum
12 IMPLEMENTASI PROJECT-ARGUMENTATIVE LEARNING MENGGUNAKAN INTERACTIVE E-WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA Neni Hasnunidah Pendidikan Biologi Undang Rosidin Linawati, Renny Dwi Puspita
Jumlah judul penelitian di TS: 12 Judul Penelitian
TS Sejumlah 12 penelitian bersama mahasiswa
TS-1 (2022)
1 EFEKTIFITAS LKPD ELEKTRONIK LIVEWORKSHEET BERORIENTASI SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP CRITICAL THINKING SISWA DILIHAT DARI PERBEDAAN GENDERNYA Wisnu Juli Wiono Pendidikan Biologi Nadya Meriza Otis Aprilia, Ummul Shafira
2 MODEL PEMBELAJARAN KRITIS KOLABORATIF UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 MAHASISWA DALAM KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK Agus Suyatna Pendidikan Fisika Een Yayah Haenilah, Dina Maulina Irwandani, Salsabilla Azzahra
3 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP SIKAP PEDULI SISWA PADA KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS (TNWK) 2022 Arwin Surbakti Pendidikan Biologi Pramudiyanti, Nadya Meriza Otis Aprilia, Ummul Shafira
4 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF-BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI LAMPUNG Neni Hasnunidah Pendidikan Biologi Dina Maulina, Ismi Rakhmawati, Devi Andriani, Tri Utami
5 STUDI ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH PADA JENJANG SMA SE-PROVINSI LAMPUNG DI SEKOLAH DENGAN AKREDITASI BERBEDA Dina Maulina Pendidikan Biologi Neni Hasnunidah, Ismi Rakhmawati Dea Miliony, Senja Galuh
6 STUDI ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MERUJUK PADA CAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI PROVINSI LAMPUNG DALAM UPAYA REVITALISASI PENDIDIKAN SECARA NASIONAL Een Yayah Haenilah Pendidikan Dina Maulina, Muhammad Kristiawan Sulfakar, Herdian
7 PENGARUH IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS MR-STEM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR SYSTEM DAN METAKOGNISI SISWA SMP Dewi Lengkana Pendidikan Biologi Tri Jalmo, Median Agus Atika Putri, Maricha Marulina Nainggolan
8 ANALISIS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI 4CS GURU SD UNTUK SISWA KELAS RENDAH PASCA PANDEMI COVID-19 Dwi Yulianti Pendidikan Rochmiyati, Pramudiyanti Zahrina, Arifin Dwi, Winda Annisha
9 EFEKTIVITAS PEER SCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN PENILAIAN KINERJA PADA MAHASISWA PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN IPA Tri Jalmo Pendidikan Biologi Dewi Lengkana, Median Agus P Muhamad Rayanda, Yardan Permata Nurhadian
10 PENGGUNAAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA Gammila Nuri Utami Pendidikan Kimia Berti Yolida Annisa Sholeha, Wulan Cahya Ningrum
11 KAJIAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN E-BOOKLET PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Rini Rita T Marpaung Pendidikan Biologi Berti Yolida, Darlen Sikumbang Febri Predita, Fajriani Nur Martin
12 PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNOSAINS LAMPUNG DAN SUMATERA SELATAN SEBAGAI LEARNING-LOSS RECOVERY PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Sunyono Pendidikan Kimia Viyanti, Dina Maulina Ema Juwita, Otis Aprilia
13 PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI VISUAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH M. Setyarini Pendidikan IPA Dewi Lengkana Dini Adriani, Nofyana Safitri
14 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF-BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI LAMPUNG Neni Hasnunidah Pendidikan Biologi Dina Maulina, Ismi Rakhmawati Devi Andriani, Tri Utami
15 ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG Nina Kadaritna Pendidikan Kimia Median Agus Priadi, Hervin Maulina Ayu Iin, Winda Dwi
16 STUDI ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA DI ERA DISRUPTIVE TECHNOLOGY Dina Maulina Pendidikan Biologi Ismu Sukatmo, Bayu Saputra Afiatun asri, Putri Rahayu
Jumlah judul penelitian di TS-1: 16 judul penelitian
TS Sejumlah 16 penelitian bersama mahasiswa
TS-2 (2021)
1 EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN ANDROID MOBILE- LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI DAN TINGKAT KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK Wisnu Juli Wiono Pendidikan Biologi Darlen Sikumbang, Ismi Rakhmawati Fitra Arif Mustofa, Yuni Sadikin
2 KAJIAN PENGUATAN INTRINSIK DAN INTERAKSINYA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA JENJANG SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG ERA PANDEMI COVID-19 Dina Maulina Pendidikan Biologi Widyastuti, Hervin Maulina Fitri Nur Fathonah, Sasti Ayu Fathonah
3 PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PEER- SCAFFOLDING UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN PENILAIAN KINERJA MAHASISWA CALON GURU IPA Tri Jalmo Pendidikan IPA Noor Fadiawati, Neni Hasnunidah Salsa Noraliza, Annisa Prima Sifa
4 Pengembangan Model pembelajaran e- Multiple representation-STEM pada bidang etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir system dan kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru IPA-Biologi Dewi Lengkana Pendidikan IPA Tri Jalmo Nafista Resti Amalia, Fitri Handayani
5 Studi analisis dampak pembelajaran asynchronous dan synchronous terhadap kemampuan representasi, metakognisi dan miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi Dewi Lengkana Pendidikan IPA Tri Jalmo Fitri Handayani, Anisa Hikmawati
6 PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERORIENTASI KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA Neni Hasnunidah Pendidikan Biologi Wisnu Julia Wiono, Ismi Rakhmawati Devi Andriani, Tri Utami
7 PROFIL SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA MENGIMPLEMENTASIKAN PRAKTIKUM DI MASA PANDEMI COVID-19 Pramudiyanti Pendidikan Biologi Median Agus Priadi Anisa Hikmawati, Firaz Zulfa Farhana
8 PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN 6C (CRITICAL, CREATIVITY, COMPUTATIONAL, COLLABORATION, COMMUNICATION, AND COMPASSION) PADA PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT UNTUK MEMENUHI STANDAR IKU 7 PERGURUAN TINGGI Undang Rosidin Pendidikan Fisika Galuh Catur, Ismi Rakhmawati, Dimas Permadi Ratna Komalasari, Endri Dwiyanti
9 PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI COMPUTATIONAL DAN COMPASSION PADA PEMBELAJARAN CASE METHOD Ismi Rakhmawati Pendidikan Biologi Undang Rosidin, Dimas Permadi Indira Ratna, Septiana
10 DIGITAL IDENTIFICATION HERPETOFAUNA LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN HABITS OF MIND CALON GURU IPA Margaretha Karolina Sagala Pendidikan Teknologi Informasi Ismi Rakhmawati. Nina Kadaritna Catharina Anandasari, Endri Dwiyanti
11 ANALISIS HUBUNGAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI BANDAR LAMPUNG DI NEW NORMAL Rini Rita T Marpaung Pendidikan Biologi Berti Yolida, Nadya Meriza Chipta Wahyu Marwana, Catharina Anandasari
Jumlah judul penelitian di TS-2: 11 Judul Penelitian
Jumlah total penelitian di PS dalam tiga tahun terakhir: 39 Judul Penelitian
Jumlah rata-rata judul penelitian per tahun/dosen: 13 Judul Penelitian Per Tahun/3 Judul Penelitian per dosen dalam satu tahun