Sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, para dosen Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung berperan sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan guru di SMA Muhammadiyah At-Tanwir Metro, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Lampung.

Kegiatan yang berlangsung di lingkungan pendidikan Muhammadiyah ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Direktur Kependidikan Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro, Bapak Agus Rayanto, M.Pd.I., yang menekankan visi, misi, serta orientasi yayasan dalam penguatan pendidikan. Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala SMA Muhammadiyah At-Tanwir, Bapak Faiz Nur Afwan, S.Pd., yang menyoroti urgensi pengembangan pembelajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik.

Pelatihan diawali dengan pre-test interaktif menggunakan aplikasi Kahoot, menghadirkan suasana kompetitif sekaligus menyenangkan. Selanjutnya, kegiatan inti terbagi dalam empat sesi utama, yaitu:

  1. Paradigma Pembelajaran Mendalam, oleh Bapak Dr. Panggih Priyambodo, S.Pd.Si., M.Pd.
  • Rancangan Pembelajaran Mendalam, oleh Ibu Mufidah Estu Kinasih, S.Pd., M.Pd.
  • Asesmen Pembelajaran Mendalam, oleh Ibu Ismah Fathimah, S.Pd., M.Pd.
  • Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Mendalam, oleh Ibu Dian Ratna Sari, S.Pd., M.Pd.

Rangkaian kegiatan ini diprakarsai oleh Ibu Dwi Puspitasari, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala SMA Muhammadiyah At-Tanwir Bidang Kurikulum. Pelatihan dirancang berbasis diskusi-interaktif, kajian konkret, serta praktik langsung, dengan mengacu pada prinsip learning continuum.

Materi pelatihan mencakup kajian komprehensif mulai dari latar belakang perumusan pendekatan Pembelajaran Mendalam; kerangka kerja Pembelajaran Mendalam yang mencakup dimensi profil lulusan, prinsip pembelajaran, pengalaman belajar, dan dimensi kerangka pembelajaran; hingga strategi penyusunan rancangan pembelajaran, asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif; serta pemanfaatan media digital termasuk teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Mendalam.

Materi pelatihan berfokus pada paradigma Pembelajaran Mendalam yang menekankan proses belajar berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Guru peserta diajak untuk memahami pentingnya pergeseran dari pembelajaran tradisional berbasis hafalan menuju pembelajaran yang mendorong keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, problem solving,serta berkarakter. Kerangka pembelajaran yang dipaparkan mengintegrasikan olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara utuh, sekaligus menekankan pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana pendukung terciptanya ekosistem pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad ke-21.

Kegiatan ditutup dengan post-test interaktif melalui aplikasi Kahoot yang kembali menghadirkan suasana kompetitif dan inspiratif. Melalui kegiatan ini, Prodi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Lampung menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendampingi mitra sekolah dalam memperkuat kapasitas guru serta meningkatkan kualitas pembelajaran di era transformasi pendidikan.

By biologi