Bandar Lampung, 2025 – Suasana laboratorium pembelajaran Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung melaksanakan kegiatan praktikum Fisiologi Tumbuhan yang diampu oleh Prof. Dr. Neni Hasnunidah, M.Si. dan Rochmah Agustrina, Ph.D. berlangsung dengan semangat dan antusiasme tinggi dari para mahasiswa. Kegiatan praktikum ini menjadi istimewa karena menghadirkan aksi demonstrasi ilmiah yang dipandu oleh empat asisten praktikum terlatih.
Kegiatan praktikum ini merupakan bagian dari perkuliahan Fisiologi Tumbuhan yang dirancang untuk mengintegrasikan teori dan praktik secara langsung. Dalam suasana kolaboratif, para mahasiswa diajak mengamati berbagai proses fisiologis tumbuhan, seperti transpirasi, fotosintesis, dan pengaruh hormon terhadap pertumbuhan tanaman. Demonstrasi ilmiah yang dilakukan oleh para asisten praktikum menjadi salah satu momen yang paling menarik perhatian.
Empat asisten praktikum yang terlibat dalam kegiatan ini memainkan peran penting dalam menjembatani teori yang diajarkan oleh dosen dengan penerapannya di lapangan. Mereka memandu jalannya demonstrasi dengan menggunakan alat-alat laboratorium modern dan bahan percobaan yang representatif, sehingga mahasiswa dapat memahami proses fisiologis dengan lebih konkret dan menyeluruh.
Prof. Dr. Neni Hasnunidah menyampaikan bahwa pendekatan praktikum berbasis demonstrasi ini dirancang agar mahasiswa tidak hanya metagame konsep secara teoritis, tetapi juga mengembangkan keterampilan laboratorium dan berpikir ilmiah secara aktif. “Kami ingin menanamkan pengalaman belajar yang kontekstual, di mana mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana ilmu fisiologi tumbuhan bekerja dalam situasi nyata,” ujarnya.
Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa, tetapi juga menjadi inspirasi dalam pengembangan pembelajaran biologi yang inovatif. Laboratorium pembelajaran Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung sekali lagi membuktikan diri sebagai ruang akademik yang dinamis, kolaboratif, dan mendukung penguatan kompetensi mahasiswa dalam sains dan pendidikan.
